Soto Cawang Sejak 1950an「U.S. legal online casinos」, Kuliner Legendaris Jakarta Tersembunyi di Lahan Parkir

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Footballbettingplatform
KOMPAS.com - Siapa sangka di sebuah lahan parkir luas daerah Cawang, Jakarta Timur, terdapat kedai soto betawi legendaris. Namanya kedai tersebut adalah Soto Cawang.

"Ini untuk menjaga mutu. Supaya mutu tetap kayak dulu. Jadi ikuti tata cara kakek saya, dulu kakek saya masaknya seperti ini, masih resep asli. Enggak ada yang diubah," ungkap Cepih.

Haji Suhana lantas membuka kedai sotonya di lokasi yang sekarang menajdi lapangan parkir BNN. Namun, pada 1991 kedainya digusur.

Menurut Cepih, metode masak tradisional Soto Cawang membuat rasa soto berbeda dengan kebanyakan soto betawi lain.

Baca juga: 5 Kedai Ketoprak Legendaris di Jakarta, Ada Ketoprak Ciragil dan Mitro

Cepih masih menjaga resep asli sang kakek. Tak hanya itu, ia bahkan mempertahankan teknik masak dari kakeknya yang bisa dibilang langka di Jakarta sekarang ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Cepih masih memasak soto menggunakan kayu bakar dan menumbuk bumbu soto dengan cara manual.

Lokasi kedai Soto Cawang yang terpencil ini tidak menyurutkan para pencinta soto betawi untuk blusuk dan bersantap di sana.

Kedai Soto Cawang, Jakarta Timur.

Pada 1968, Haji Suhana pendiri rumah makan Soto Cawang sekaligus kakek Cepih, berpikir untuk berdagang di tempat permanen.

Baca juga: Resep Soto Betawi Daging Kuah Santan, Nikmat Disantap Selagi Hangat

Sejak 1991 sampai sekarang kedai Soto Cawang berda di lahan parkir dekat gedung Makodam Jaya, atau RS UKI. Tepatnya di Jalan Mayor Jendral Sutoyo.

"Dulu kakek saya mulanya berjualan. Tahun 1950an itu masih dipikul. Tahun 1968, dari jembatan situ, masih kaki lima," kata generasi ketiga Soto Cawang, Sutrisna yang akrab disapa Cepih pada TribunJakarta.com.

Baca juga: 15 Tempat Makan di Bekasi, dari yang Legendaris sampai yang Kekinian